Sekolah Manajemen Masjid Inspirasi PD DMI Brebes Untuk Dirintis di Brebes


Rihlah Pengurus DMI Kabupaten Brebes di Kabupaten Karanganyar  - Doc Bahrul Ulum
Brebes (dmibrebes.id) - Sebanyak 48 orang mengikuti kegiatan silaturahim yang diselenggarakan oleh Pengurus Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Brebes ke Kabupaten Karanganyar. Mereka bertemu dengan pengurus PD DMI Karanganyar dan juga pengurus Baznas dan pengurus pondok Tanfidzul Quran Isy Karima yang berada di Dukuh Pakel, Gerdu Karangpandan Kabupaten Karanganyar. Jumat (27/10/2018).

Peserta silaturakhim atau rihlah PD DMI terdiri dari Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Brebes, Kabag Kesra Setda Brebes, Kemenag, PCNU, PD Muhamadiyah, Baznas Kabupaten, dan Para Takmir Masjid Besar Se Kabupaten Brebes. Anggaran dana bersumber dari swadaya pengurus dan iuran peserta rihlah.

Ketua PD DMI Kabupaten Brebes H. Musyaffa, LC mengatakan, Rihlah DMI ini dimaksudkan untuk melihat secara langsung kegiatan PD DMI Kabupaten Karanganyar,  program keunggulannya apa, dan apa yang bisa nantinya di contoh untuk diterapkan di Kabupaten Brebes.

" PW DMI Jateng menyarankan bila ingin studi banding atau rihlah maka belajarlah di PD DMI Kabuaten Karanganyar, karena mereka punya sekolah manajemen masjid, dukungan dari Pemkab dan Baznas nya sangat bagus, ada program sahabat marbot, dan juga ada dukungan dana untuk para mubaligh dan mubalighoh," katanya. 
Sebagian Peaerta Rihlah


Musyaffa menambahkan, salut dengan aa yang sudah dilakukan oleh PD DMI Kabupaten Karanganyar, disamping ada kegiatan rutin pengajian sabtu dan minggu setelah sholat subuh yang dihadiri oleh ribuan jamaah, juga memfasilitasi makan gratis setelah jamaah ikut pengajian tersebut.

" Harmonisasi antara Baznas, DMI, MUI begitu terlihat dengan penuh keakraban dan mereka saling melengkapi program di 3 organisasi ini untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PD DMI Kabupaten Karanganyar KH Abdul Muid, MM menjelaskan, program unggulan PD DMI Karanganyar yakni membentuk pengurus cabang DMI setiap Kecamatan dan sudah di lantik, termasuk memberikan pelatihan tentang manajemen masjid bagi para takmir se Kabupaten Karanganyar.

" Ada sekolah manajemen masjid, setiap takmir diminta secara bergilir untuk mengikuti pelatihan manajemen masjid melalui diklat setiap hari senin-kamis, kedua sudah ada buku yang dicetak oleh PD DMI dari sumber dukungan dana Baznas, termasuk ada dana pembinaan bagi khotib dan mubaligh mubalighoh dari PD DMI Kabupaten, DMI juga diminta untuk menjadi pelaksana  kegiatan kemasjidan baik yang dilakukan di masjid agung, masjid besar tiap kecamatan," terangnya.

Lanjut Kyai Muid pengurus DMI Rutin berkoordinasi di sekretariat DMI yang berada di kompleks masjid agung rutin tiap selesai melaksanakan pengajian rutin sabti dan minggu, jadi ada waktu koordinasi yang jelas akan datang pada saat pengajian tersebut.
Salah satu peserta Ustad Zaenal Muttaqin Al Khafidz dari pengurus PD DMI dan juga salah satu imam rowatib masjid agung mengapresiasi kegiatan rihlah ini.

" Banyak ilmu yang diterima saat kegiatan rihlah ini, dan menjadi penyemangat baginya untuk segera melakukan konsolidasi dengan anggota pengurus lainnya agar contoh terbaiknya yang dilakukan oleh PD DMI Kabupaten Karanganyar sebagian besar bisa di realisasikan di Kabupaten Brebes," pungkasnya. ( Bahrul Ulum)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGURUS DMI KAB BREBES

DMI Brebes

VIDEO DMI

DEWAN REDAKSI DMI KABUPATEN BREBES

Ketua :
Wasdiun, S.IKom

Sekretaris :
H. Bahrul Ulum, SE, MSi

Kontributor :
Adi Assegaf, S.Kom,
Herwanto, S,Kom,
Anis

Redaksi juga menerima informasi berita terkait kegiatan Masjid di Kabupaten Brebes dengan mengirimkan ke email kami dmibrebeskab@gmail.com dan WA 081391700044

ARTIKEL TERBARU

Anjuran Tawadhu dan Jangan Sombong

Pengajian Rutin Setiap Sabtu Bada Ashar di Masjid Agung Brebes, dmibrebeskab.id ; Pengajian kali ini tentang dialog kealiman ilmu...

DOWNLOAD APLIKASI DMI

Aplikasi Masjid

INFO POPULER

PENGURUS RANTING DMI KAB BREBES

  • DMI KEC. BREBES
  • DMI KEC. WANASARI
  • DMI KEC. BULAKAMBA
  • DMI KEC. LOSARI
  • DMI KEC. TANJUNG
  • DMI KEC. BANJARHARJO
  • DMI KEC. KERSANA
  • DMI KEC. KETANGGUNGAN
  • DMI KEC. LARANGAN
  • DMI KEC. SONGGOM
  • DMI KEC. JATIBARANG
  • DMI KEC. TONJONG
  • DMI KEC. SIRAMPOG
  • DMI KEC. BUMIAYU
  • DMI KEC. PAGUYANGAN
  • DMI KEC.BANTARKAWUNG
  • DMI KEC. SALEM

HUBUNGI KAMI

Nama

Email *

Pesan *